Ad sidebar

Tax Amnesty, Gebrakan Baru Sri Mulyani?


Beberapa kali mungkin teman-teman sudah mendengar adanya program tax amnesty yang dikeluarkan, namun apa sih amnesti pajak tersebut? (tax amnesti sudah tutup pada 31 maret 2017 dan akan berlanjut lagi di periode selanjutnya, tetap ikuti serigala bursa agar tahu berita-berita terkini)

Sebelum melangkah lebih jauh, teman-teman harus tau, pajak itu apa sih? Pajak, mudahnya adalah kewajiban kita untuk membayar sejumlah uang dari harta (net) kita kepada pemerintah. Nah, sementara, amnesti pajak adalah pengampunan pajak. Mudah dihapalkan bukan? PENGAMPUNAN PAJAK

1. Pengampunan
Apabila berbicara pengampunan, pasti seseorang mengungkapkan kesalahannya bukan? diibaratkan teman-teman punya salah misalnya, lalu meminta pengampunan pada orang tersebut, maka hal paling utama dalah mengungkapkan, mudah kan? Mengungkapkan sejumlah pajak yang kita miliki

2. Tebus
Tentu saja setelah mengungkapkan kesalahan kita, kita harus menebusnya, misalnya dengan mengembalikan barangnya yang kita rusak, atau hal lain. Nah didalam konteks amnesti pajak, tebus adalah membayarkan sejumlah uang yang sudah dihitung oleh badan pajak resmi sendiri dengan catatan tetap mengikuti harta (net) teman masing-masing.

3. Lega
Setelah meminta maaf, mengembalikan yang rusak, tentu akan muncul perasaan lega kan? sudah tidak lagi berpikiran negatif bahwa akan dikejar-kejar badan pajak lah, atau semacamnya. Sehingga kehidupan dalam berkeluarga dapat berjalan dengan positif. Coolio!

Kebijakan ini termasuk salah satu kebijakan fiskal, dimana bila dilakukan dengan baik dan secara serentak, maka perekonomian Indonesia akan merangsek naik, karena APBN akan menjadi luwes, dan lebih mudah didalam membelanjakan, baik untuk infrastruktur maupun manufaktur. Jadi buat teman-teman yang mungkin orang tuanya atau anda sendiri belum tau pajak kalian berapa yang menumpuk, coba deh ke badan pajak sebentar saja, paling tidak lebih dari 2 jam. Bukankan kita semua ingin Indonesia menuju ke angin ekonomi yang lebih baik?

Inilah alasan kenapa kita sebut ini adalah Gebrakan Sri Mulyani ke arah yang lebih baik.


No comments

Powered by Blogger.